Proses Operasi Batu Empedu

By wildamalia - October 09, 2019

Mungkin beberapa orang tidak mengetahui jika aku sudah tidak memiliki empedu sejak Mei 2016. Iya bener, selain usus buntuku yang sudah diambil, kantong empeduku juga sudah diambil. Aku tidak punya empedu lagi. Kok bisa? gimana ceritanya?

Bagaimana sih ciri-ciri sakit batu empedu?
Medio 2013 sering merasa kram perut, sempat ngira karna maag karna sakitnya di ulu ati. Dan itu semakin sering muncul di awal 2015.
Juli 2015 masuk rumah sakit karna tipes, eh malah ketahuan kalo ternyata ada batu empedu, waktu itu sih (harusnya) masih bisa diobati atau diterapi dengan mengkonsumsi apel (termasuk cuka apel) untuk menghancurkan batu empedu secara alami ... tapi dasar akunya yang males untuk kontrol ... akhirnya dibiarin sakit di ulu ati sebelah kanan.
Awal 2016 sampai April 2016 sakitnya mulai menggila, bahkan bukan seperti kram perut biasa, tapi sudah sakit tembus ke punggung T_T

Setelah periksa, cek ulang, USG, Rontgent, Test darah, MRCP akhirnya dilakukan untuk mengetahui kondisi empeduku dengan solusi terakhir adalah OPERASI ANGKAT EMPEDU. Tidak ada pilihan lain, karena setelah dilakukan tes MRCP, hasilnya ada batu yang menyumbat di salurannya, yang juga bisa menghambat pankreas T_T Selain itu, kantung empedu sudah meradang, menebal yang artinya sudah rusak yang jika dipaksakan empedu bisa pecah di dalam tubuh.

Dan, akhirnya pertengahan Mei 2016 kemarin diputuskan untuk melakukan operasi pengangkatan kantung empedu. Oh iya, sebelum tindakan aku sempat merekam informasi umum penjelasan kenapa bisa muncul batu empedu dan bagaimana jika tidak diobati. Tonton sampai habis ya
Penjelasan dari Dr Muhammad S Niam, MKes, SpB-KBD

Pertimbangan biaya dan lain2, aku memilih untuk bedah terbuka, dengan masa pemulihan total 10hari. Jadi perutku dibelah dr atas ke bawah kurang lebih 5-6cm ... yah.. ini meninggalkan bekasnya sih. Beda kalo misal pilih laparoscopy, lukanya hanya berupa titik2 kecil saja ... tapi biaya operasinya 2x lipat T__________T . Yang penting sembuh, gpp ada bekasnya deh :))


Berapa sih biaya operasi batu empedu?
Operasi batu empedu sekaligus pengangkatan kantung empedu ini tergolong operasi besar
Sempat membandingkan 2 rumah sakit di kota Malang, biaya operasi batu empedu dengan proses bedah terbuka adalah sekitar 15-18 juta (tahun 2016) .. sedangkan harga laparoskopi batu empedu adalah di kisaran 18-32 juta (tahun 2016). Biaya tersebut adalah biaya operasinya saja untuk ruangan kelas 3, belum termasuk biaya kamar, obat, dan perawatan selama dirawat pascaoperasi batu empedu

Aku masuk UGD Persada Hospital Malang jam 7 pagi, dengan rencana operasi jam 12siang yang ternyata molor sampai jam 2. Proses operasi memakan waktu kurang lebih 2jam mulai jam 3 (balik ke kamar jam 6 kurang). Surprisenya adalah, begitu keluar dari ruang pemulihan pascaoperasi, ada Bustomi di luar, ternyata dia lagi antar (alm) ibu mertuanya berobat ke dokter gigi di poliklinik.

Sekitar jam setengah 8 malam, Dokter Niam datang dengan membawa hasil empedu dan batu yang sudah diangkat ... ada yg berupa kerikil besar dan pasir. Berhubung empedunya sudah dicuci dan dibersihkan, pasirnya sudah hilang, hanya sisa 2 batu yg selama 3tahun ini menyumbat

Batu Empedu dan Kantong Empedu yang sudah diangkat

Foto di atas adalah empedu yang sudah meradang, dindingnya tebal dan kuning karna iritasi dan dua batu empedu yang 3 tahun terakhir sebelum operasi membuat sakit ketika mulai menyumbat salurannya. Jijik ya? Smoga masih doyan makan setelah lihat itu ...

Bagaimana bekas operasinya? Bekas operasi empedu dengan bedah terbuka ini adalah jahitan di perut secara vertikal, dari atas ke bawah, mulai dari ulu ati ke bawah sekitar 10cm. Berbeda dengan bekas operasi melahirkan yang horizontal, dari kiri ke kanan.

Apakah ada efek setelah operasi kantong empedu diangkat? JELAS ADA!
Sampai hari ini (09/10/2019) aku ga bisa makan dengan bebas .. makan apapun bisa, tapi akan ada reaksi yang muncul jika makanan yang masuk mengandung banyak lemak dan tinggi kolesterol. Reaksinya adalah 30-60 menit setelah makan, perut langsung mules dan sudah pasti langsung BAB tanpa bisa ditahan lebih lama lagi.

Jadi, ingat yaaaa kurangi yang kolesterol tinggi yaaaa ... biar seluruh organ tubuhmu tetap sehat, biar ga sakit kaya gini ...

SUMPAH NYERI KARNA ADA BATU EMPEDU ITU GAK ENAK!

postingan ini sudah pernah diposting di blog sebelumnya

  • Share:

You Might Also Like

0 comments