23 January 2012

Asal Mula Perayaan Tahun Baru Imlek atau Chinese New Year

Posted by wilda wildamalia at 1/23/2012 06:20:00 pm 0 comments Links to this post

Imlek : Makna dan Tradisi

Di Negara asalnya yaitu China dan juga negara yang mayoritas berpenduduk Chinese seperti Taiwan, Hongkong Perayaan Tahun Baru ini juga disebut Perayaan Musim Semi, ” Chung Chie atau The Spring Festival “.

Secara resmi perayaan ini kemudian disebut Chinese New Year (Tahun Baru Chinese). Nama ini digunakan untuk mengganti sebutan Tahun Baru Lunar sejak setelah revolusi Xinhai pada tahun 1911. Aslinya perayaan musim semi ini adalah warisan masa lampau yaitu ritual La.

Secara umum, La adalah hari terakhir dalam satu tahun pada saat panen raya sudah dirampungkan dan sebagai ungkapan rasa syukur, orang Chinese (Tionghoa) memberikan sesaji kepada para dewa dan leluhur.

Menurut kamus bahasa China modern, La berarti periode bulan keduabelas menurut kalender lunar disaat mana upacara ritual untuk menghormati dewa-dewi dan leluhur dilaksanakan.

Pada masa Dinasti Han berkuasa di Tiongkok, Xu Shen menulis dalam bukunya bahwa, pada hari La, 36 hari setelah perayaan Dongzhi (yaitu hari terpendek dalam satu tahun yang biasanya bertepatan dengan tanggal 21 atau 22 bulan Desember), semua dewa diberikan sesaji.

Walaupun perayaan musim semi ini jatuh pada hari pertama bulan pertama suatu tahun, namun umumnya perayaan berlangsung sepanjang bulan. Dimulai dengan pesta atau perayaan membuat dan memakan semacam bubur special yang disebut ” La Ba Zhou ” pada hari kedelapan bulan keduabelas tahun lunar. Bubur ini disebut juga “Bubur hari kedelapan dari La”.


Dibagian Selatan China, dan juga dibawa hingga kenegara-negara di Asia Tenggara, makanan ini dikenal sebagai “onde-onde berkuah”. Rangkaian perayaan berakhir pada hari kelimabelas bulan pertama (Cap Go Me), dimana orang-orang Tionghoa merayakan “Yuan Xiao atau Festival Lampion”. Belakangan festival lampion ini juga diramaikan dengan Tarian Naga (Liang Liong) dan Akrobat Barongsai.


Legenda Perayaan Musim Semi

Menurut legenda, konon pada masa lampau ada seorang pria bernama Wannian. Suatu hari ia duduk dibawah pohon dan menyadari kalau bayangan pohon bergerak secara teratur sesuai dengan pergerakan matahari.

Berdasarkan pengamatannya, Wannian membuat semacam pengukur waktu menggunakan tongkat. Namun sayang, pengukur waktu penemuannya ini hanya berfungsi ketika sinar matahari tidak sedang tertutup awan pada siang hari dan dimalam hari sama sekali tidak dapat dipergunakan.

Hal ini memacu Wannian untuk menciptakan suatu alat yang tidak tergantung oleh sinar matahari. Ia lalu membuat semacam jam dengan mempergunakan sebuah jar yang diletakkan sedemikian rupa sehingga air di dalam jar tersebut akan menetes perlahan dengan interval yang dapat diatur.

Diwaktu yang sama, Raja Zuyi sedang mencemaskan bencana alam yang melanda negerinya. Iayakin banyak penderitaan akibat bencana alam dapat dihindari atau setidaknya dikurangi efeknya jika saja dia tahu bagaimana memprediksi cuaca. Salah satu menterinya, A-heng yang ingin mencari muka dihadapan raja malah mengusulkan raja mengadakan upacara sembahyang pada langit (Tuhan), katanya Kaisar Giok (Bossnya Dewa-Dewi orang Tionghoa) minta sogokan atau kalau tidak akan diturunkan bencana. Raja Zuyi menerima usulannya, tetapi bencana alam tetap saja tidak dapat dihindari.

Ketika Wannian mendengar hal itu, ia segera pergi menemui Raja Zuyi. Ia menerangkan hasil observasinya mengenai waktu dan perubahan alam kepada sang raja. Zuyi sangat terkesan sehingga ia segera mendirikan stasiun pengamat cuaca lengkap dengan alat ukur waktu agar Wannian dapat menciptakan sebuah sistem kalender demi kepentingan rakyatnya.

Beberapa waktu kemudian, Raja Zuyi menyuruh A-heng untuk memeriksa hasil pekerjaan Wannian. Menteri tersebut pergi ke stasiun pengamat cuaca dan menemukan catatan-catatan Wannian di dinding, bahwa satu siklus waktu yang terdiri dari 360 hari, 12 siklus bulan dan 4 perubahan musim. Agaknya Wanian hampir merampungkan tugasnya. Khawatir kalau prestasi Wannian akan membuat dirinya tersingkir dari lingkaran pengaruh Raja Zuyi, kemudian A-heng mengirim pembunuh bayaran untuk menghabisi Wannian. Namun pembunuh bayaran tersebut tertangkap sebelum mencelakai Wannian.

Ketika Raja Zuyi mengetahui keterlibatan A-heng dalam rencana pembunuhan tersebut, A-heng akhirnya dihukum pancung. Setelah itu Raja Zuyi sendiri yang mengunjungi Wannian di stasiun cuacanya.

Wannian menjelaskan bahwa ia telah berhasil menciptakan suatu kalender. Kebetulan saat itu menurut sistem kalender penemuan Wannian, satu siklus tahunan akan segera berakhir, karena itu ia meminta Raja Zuyi memilih suatu tanggal sebagai permulaanatau hari pertama tahun yang baru. Raja Zuyi berpendapat hari pertama musim semi mestinya tepat untuk dijadikan hari pertama permulaan tahun baru.

Musim semi adalah musim dimana segala sesuatu yang lama digantikan oleh yang baru, musim dingin telah berlalu, bunga-bunga mulai bermekaran, tunas-tunas tanaman mulai bertumbuhan.

Itulah awal mula perayaan musim semi atau the spring festival. Perayaan inilah yang kemudian dirayakan sebagai Chinese New Year atau di Indonesia dikenal sebagai Tahun Baru Imlek.

Sebagai penghargaan kepada Wannian yang telah menciptakan sistem kalender yang mempergunakan sistem solar (peredaran matahari), Raja Zuyi memberi nama kalender tersebut dengan nama ” Kalender Wannian” dan memberi gelar kepada Wannian sebagai “Dewa Panjang umur” dan memberi amplop merah (angpao) berisi uang sebagai hadiah menyambut tahun baru.

Saat ini perayaan dilakukan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan. Di Taiwan dirayakan sebagai Festival Lampion. Di Asia Tenggara dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, masa ketika wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk kedalam laut.

Dan secara umum saat ini pengucapan selamat pada perayaan imlek dengan menyebutkan Gongxi Facai (Bahasa Mandarin) atau Kung Hei Fat Choi (Bahasa Kantonis).

Cap Go Meh melambangkan hari kelimabelas dan hari terakhir dari masa perayaan Imlek bagi komunitas kaum migran Tionghoa yang tinggal diluar Negeri leluhurnya, dan sat itu merupakan bulan penuh (purnama) pertama di Tahun Baru tersebut.

18 January 2012

KupuKupu Malam

Posted by wilda wildamalia at 1/18/2012 04:25:00 am 2 comments Links to this post
Fxcam_1326834899998

subuh subuh kamarku kedatangan kupukupu

kupukupu subuh
kupukupu berbadan tambun

pertanda apakah ini???
*eng.ing.eng*

aaaaargh dia eek di cerimut si laptop unyuuuu

semoga itu bukan pertanda buruk... smg itu pertanda aku bakal kedatangan tamu yg menjadi perantara rejeki ku rabu ini....

aminn (๑•́ ₃ •̀๑)


sent from wildamaliandroid

www.wildamalia.blogspot.com

16 January 2012

Periksa Pesanan Anda

Posted by wilda wildamalia at 1/16/2012 06:22:00 pm 8 comments Links to this post
ya ... hanya itu yang ingin aku sampaikan dalam post kali ini ...
PERIKSA PESANAN ANDA sebelum anda meninggalkan tempat ...
***
siang ini aku muter2 kota malang ... dari beli jaket - ambil celana yg lagi dipermak juga ke rumah ibu ... sudah sore ... perut udah kukuruyukkrucukkrucuk (baca:lapar) jadilah aku muter2 cari tempat yang belum pernah aku kunjungi ... biasaaa coba2 menu ...
di depan polinema ada tempat makan "AYAM PENYET SUROBOYO" udah melambai mesra ... ya udah deh ... aku putusin cobain "ayam penyet" nya

aku pesen "Ayam Penyet bagian Dada ... tanpa nasi" untuk di bawa pulang
nunggu sekitar 10 menit ... akhirnya pesananku siap untuk dibawa pulang. tadinya punya pikiran "harus dicek nih ... bener dikasih dada apa engga" tapi urung karna udah di bungkus dan di kresekin jadi aku cuma nanya "mbak ini ayam nya di kasih dada?" trus mbaknya bilang "iya mbak, ayam dada tanpa nasi"
oke ... aku percaya ... karna aku pikir ini satu grup dengan "wong solo" yang sblmnya aku ga pernah dikecewain ...
dan ... sekitar 20 menit dari sukarno hatta - singosari ... tadaaaaaa .... sulapan!!! ayam dada pesananku berubah jadi sayap ...
AKU KECEWA!!!
aku belum ngerasain rasanya, pedas sambalnya dan blablabla ... tapi udah terlanjur kecewa ...
aku nih emang 1 dari sekian banyak calon pelanggan ... tp pertama kali beli udah dikecewakan seperti ini ... ga sesuai pesanan ...

ngobatin perasaan kecewa ... aku berusaha menikmati ayam yg lebih banyak tulangnya drpd dagingnya itu ... *nyamnyamnyamnyam*
sambel ijo nya enak ... yah ... sebenernya enak kok ini ayam penyet ... tapi udah terlanjur KECEWA ...
jd malas buat kesana lagi ... apalagi kalo buat dibawa pulang ... huhuhuhuhu kecuali kalo ada yg traktirin sih ... hehehehhee

jadi ... jangan mengulang kebodohanku ... karna ga jadi periksa itu pesananku ...
jangan lupa PERIKSA PESANAN ANDA YAAAA .... *wink*

Published with Blogger-droid v2.0.1

Beda Antara Penjara dan Kantor

Posted by wilda wildamalia at 1/16/2012 08:04:00 am 0 comments Links to this post
PENJARA : Kamu hidup di ruangan 8X10 m2.
KANTOR : Kamu hidup di ruangan 6X8 m2.
PENJARA : Dapat 3 kali makan, gratis.
KANTOR : Harus beli sendiri
PENJARA : Untuk kebiasaan baik mendapat hadiah istirahat.
KANTOR : Untuk kebiasaan baik mendapat hadiah TAMBAHAN KERJAAN he..he..
PENJARA : Penjaga akan membukakan pintu dan membuka dan menguncikan pintu untuk kamu.
KANTOR : Kamu harus membawa sendiri, membuka sendiri, menutup serta mengunci sendiri semua pintu yang kamu punyai.
PENJARA : Kamu bisa nonton TV tiap hari.
KANTOR : Kamu bisa dipecat kalau nonton TV
PENJARA : Kamu punya ruangan pribadi.
KANTOR : Kamu harus selalu bersama teman kerja.
PENJARA : Diijinkan bertemu dengan keluarga untuk bersenda gurau.
KANTOR : Kamu sama sekali tidak diijinkan bersantai ria bersama keluarga disini.
PENJARA : Semua pengeluaran ditanggung negara.
KANTOR : Kamu harus tanggung pengeluaran dirimu sendiri dan memotong gajimu lewat pajak untuk menghidupi yang ada di penjara.
Pilih PENJARA atau KANTOR ???

#Sumber

15 January 2012

Mas, Lampunya Mas....

Posted by wilda wildamalia at 1/15/2012 06:37:00 am 0 comments Links to this post
2012-01-15_06
"mas, lampunya...."
dulu kata2 itu muncul kalo kita lagi naik motor pagi/siang dan lampu motor masih nyala
"pasti mas nya smalam baru kluar dan td motornya ga dipanasin... jd ga tau kalo lampunya masih nyala"
itulah pikiran orang2... yah termasuk aku sih...
tp sekarang beda...
orang2 bakal ngomong gitu... ehm... pak polisi yg lg di jalan juga siap mengingatkan agar lampu motor anda dinyalakan. hmm... bahkan kalo sekarang pak polisi ga segan2 untuk memberi tilang kalo kendaraan roda dua anda ga menyalakan lampu kota nya hehehehe
jadi... cek kendaraan roda dua anda...
"mas... lampu mas...."
sent from wildamaliandroid
www.wildamalia.blogspot.com

13 January 2012

Yes, i hate itu rambutan

Posted by wilda wildamalia at 1/13/2012 02:22:00 pm 2 comments Links to this post
2012-01-13_13
guweh bencihhh rambutan...
padahal dulu aku tuh penikmat rambutan, setiap musimnya ga pernah telat beli rambutan
tapi sejak 1998an semua berubah...
setelah makan rambutan, tubuhku berubah, semua gatal, merah2. dan itu menyiksaku
aku benci rambutan
aku paling geli... ngeri... bahkan takut (baca: ga mau liat) sama yang namanya rambutan.
bukan... aku rasa ini bukan phobia. tp entahlah... yg jelas aku benci rambutan.
sent from wildamaliandroid
www.wildamalia.blogspot.com

maafkan aku tv... maaf...

Posted by wilda wildamalia at 1/13/2012 05:38:00 am 0 comments Links to this post
dulu... ketika smp-kuliah jaman di poltek... aku ga pernah absen buat nonton berita di tv. yang pasti berita2 kriminal. ga tau kenapa aku ga pernah mau melewatkan berita kriminal macam buser siang, trus apa itu yg di indosiar... trus tayangannya bang napi...

akh... terlalu lama aku ga nonton tv, sampe aku lupa nama programnya.

sudah 3th ini aku jarang nonton tv. kalo bosen aku lebih sering nontom film serial yang ada di komputer... yeah... secara program tv sekarang hanya berisi film ga penting yang isinya cuma nangis, penganiayaan... pokoknya ga mendidik lah...

untuk dapat berita??? informasi bisa aku dapatkan lebih cepat dari twitter... dari internet... tv ku?? telat bbrp jam dari internet...

aaaahhh sekarang tv ku tidak banyak bisa berbuat apa2 untukku..

tv oh tv... kamu payah... jd jangan salahkan aku jika aku mencampakkanmu... maaf

Published with Blogger-droid v2.0.1

11 January 2012

B&W

Posted by wilda wildamalia at 1/11/2012 02:39:00 pm 2 comments Links to this post
Lightbox_1326267270403

black & white mode ON

sent from wildamaliandroid

10 January 2012

aku dan @bloggerngalam di #OblongMerahMuda

Posted by wilda wildamalia at 1/10/2012 10:51:00 am 6 comments Links to this post

terima kasih buat panitia #oblongmerahmuda @bloggerngalam yg sudah kasih kepercayaan pada saya yang masih amateur-an ini untuk bikin video profil para narasumber yang mengisi acara #oblongmerahmuda

why me?

senin materi baru aku terima ... itu artinya aku punya waktu 5 hari untuk ngerjain ... sampe hari H nya hehehe

aku ngerasa seneng banged ... apalagi malam sebelum hari H nya, punya kesempatan ketemu dan ngobrol langsung dengan pak @fgaban salah satu narasumber #oblongmerahmuda [sayangnya malah dengan beliau ga sempat foto bareng ... ]

dengan materi yang terbatas untuk video, aku harus memutar otak .. gimana ya dengan materi yang sedikit bisa nampilin video profil berdurasi minimal 30detik. kelihatannya simple emang sih ...

cari lagu ... browsing lagi berburu materi .. begadang ... takut tidur karna takut kesiangan ... dan alhamdulillah sampai acara selesai sabtu itu ... tidak ada hambatan yang ruar binasa. hambatan yang aku alami bukan hambatan yang bikin aku depresi ...

sabtu pagi ... profil untuk bloggerngalam blm bener2 siap, dasar amatiran sih *pukul2kepala* masih kurang disana-sini ...

potongan film sejarah kota malang?? BERES PAK!

profil bloggerngalam?? ehm .. kurang dikit pak!

profil narasumber? pak dwi? om ovan tobing? pakzam? om gaban? pamantyo? ferdhie? SIAP, SUDAH DILAKSANAKAN PAK!!

iklan sponsor XL Axiata?? wahhh sudah kelar pak .... :D

lega ...

ketika semua berjalan lancar ... dan malamnya @pakzam mention aku say thanks atas video profil yang aku bikin ... sumpah aku terharu ...

gimana enggak ... aku beneran takut ada salah edit ... aku beneran takut salah masukin materi di video ... tapi kalo direspon seperti itu sama narasumber ... aku sekarang jadi lebih semangat


semua narasumber bikin aku semangat ...

semua materi yang disampaikan bener2 informasi, ilmu, pengalaman yang ruar binasa buat aku ...

mohon maaf sedalam-dalam nya kalo hasil video-edit nya kurang memuaskan :D

aku ga nolak kalo ngedit video lagi ... smua kritik saran hasil yg kemarin bakal aku butuhin untuk jadi lebih baik lho ... *lebai dan ini serius*



terima kasih bloggerngalam ...

sudah kasih kesempatan buat aku untuk menjadi bagian #OblongMerahMuda ini ...

emuach (◦'ںˉ◦)


Published with Blogger-droid v2.0.1

09012012

Posted by wilda wildamalia at 1/10/2012 07:23:00 am 0 comments Links to this post

Pic_reduced_1326154029303

@riezmasyahrin 's birthday

"horee dapat kado..."
smoga bermanfaat ya dek

via Plume

08 January 2012

Si Hitam

Posted by wilda wildamalia at 1/08/2012 06:55:00 pm 0 comments Links to this post

2012-01-07_08

si hitam blm mandi bauk jelek pula... ayo bsk kita perawatan

via Plume

cubicumicibi

Posted by wilda wildamalia at 1/08/2012 06:20:00 pm 0 comments Links to this post
Fxcam_1325997484691

pulang fitnes makan ginian... kalori yang udah kebuang jd balik... entah 2 atau 3 kali lipat :'(

sent from wildamaliandroid

www.wildamalia.blogspot.com

wildamalia di posterous

Posted by wilda wildamalia at 1/08/2012 03:58:00 pm 0 comments Links to this post
uhuuii ...
aku punya account di posterous naaah
kalo ditanya kenapa??
ikut2an ya?
jujur iya!!


alasan lainnya adalah karna aku suka narsis dan suka post foto ...
jadi aku sign up lahh ...

skali upload ... bisa masuk ke Tumblr Blog Twitter Facebook
dan itu menghemat waktu, teman :)

ya sudah ...
aku mau nge post terus (baca: nge posterous) aaah *alaydehwil*

06 January 2012

karena @bloggerngalam #oblongmerahmuda

Posted by wilda wildamalia at 1/06/2012 11:12:00 am 4 comments Links to this post
yeah ... karna jadi panitia pendukung acara nya @bloggerngalam #oblongmerahmuda sebagai video editor (amateur) ... aku bisa tau lebih dulu drpd menjadi peserta tentang SEJARAH KOTA MALANG dari masa para raja - malang tahun 1958 dan sekarang.

aku ... pertama ngeliat filmnya ngerasa bosan ... begitu ngeliat bener2 ngikutin alur dari awal (karna tuntutan pekerjaan) ehhhh malah nonton lagi (lupa ngedit) hehehe

ngerasa awesome deh ngedit satu ini ...

so tengkiu buat mas @mcxoem kapel #oblongmerahmuda dan mas mas yang lain yang kasih kesempatan ini ...
spesial tengkiu buat @nophindahoz yang nge sms masalah panitia pendukung nya

makasih juga lho buat "mas" @fajarembun yang udah kasih es teler duren yang ciamso itu (woii mas... udah ku sebut nihhh ... hihihihi *piss*)

INI MENYENANGKAN BRADER!!!

TETAP BERSEMANGAT
buat seluruh panitia #OblongMerahMuda

sukses terus buat BLOGGER NGALAM


Note::
Jangan Lupa Catat Tanggal Mainnya ..
karna nyesel kalo datang telat apalagi gak datang
7 Januari 2012 Jam 8 Pagi di Kampus ABM Malang

05 January 2012

Meteran Pom Bensin Yang Aneh

Posted by wilda wildamalia at 1/05/2012 07:43:00 am 0 comments Links to this post
Kemarin aku mau isi bensin di pom bensin karanglo...
Tp sayang bensin abis...

Jadilah aku manjain si hitam dg pertamax...

Aku bilang sama mas mas nya "20rebu mas "
Trus mas mas itu mencet angka2 di mesin nya... Tampak disana angka "20005"

Nanyak donk akunya....
"kok ada angka 5 nya dibelakang??"
dan dia jawab "iya mbak kalo ga gt tar meterannya berenti di 19900an"
Aaahhhh METERAN YANG ANEH ... bisa kaya gitu ya o.Oa

Published with Blogger-droid v2.0.1

04 January 2012

Nurul Annisa

Posted by wilda wildamalia at 1/04/2012 09:19:00 pm 0 comments Links to this post

I really love u, baby (з´⌣`ε)


*ate wiwi angen nitcha :') *


Published with Blogger-droid v2.0.1
 

wildamalia bercerita Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea