24 May 2011

Kokology : Game Untuk Mengetahui Jati Diri

Posted by wilda wildamalia at 5/24/2011 11:10:00 am
Kokology adalah ilmu yang mempelajari kokoro ( Jepang :心) yang dalam bahasa tersebut berarti " pikiran "atau" roh ".

Seri buku Kokology diciptakan oleh Tadahiko Nagao dan Isamu Saito, seorang profesor di Rissho dan Waseda Universitas di Jepang dan seorang penulis sejumlah buku laris tentang psikologi dan hubungan .

Fokus utama adalah analisis dari jiwa yang mendalam. Menggunakan teori dari Freud dan Jung . Pertanyaan Kokology biasanya adalah "dibimbing" Hari Dreams atau Submodalities

Buku-buku menyajikan serangkaian psikologis dan hypotheticals yang dirancang untuk mengungkapkan tersembunyi satu sikap tentang seks , keluarga , cinta , pekerjaan , dan elemen lain yang hidup seseorang.

Ini pada dasarnya adalah sebuah permainan penemuan diri yang dapat memberikan, dan seringkali lucu wawasan menarik dengan menjawab pertanyaan yang tampaknya tidak bersalah topik . Buku-buku yang diterbitkan pada tahun 1998 di Jepang dan menjadi seorang Jepang laris fenomena . Buku-buku itu diterjemahkan menjadi tersedia di AS pada tahun 2000.

(wikipedia)

waktu bongkar kardus buku kemarin gak sengaja aku melihat buku ini.
Buku ini ditulis oleh Isamu Saito dan Tadahiko Nagao, keduanya merupakan ahli psikologi Jepang yang menciptakan dan mengembangkan Kokology.

Kokology sendiri diambil dari bahasa Jepang: Kokoro yang artinya pikiran, semangat, perasaan dan bahasa Yunani logia: ilmu. Jadi Kokology adalah sebuah permainan psikologi yang dirancang untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang.

Berbeda dengan buku-buku psikologi lainnya, Kokology mengajak pembacanya untuk menemukan jati diri dan menggali potensi melalui sebuah permainan yang menyenangkan. Memang sih kita tetap diminta untuk menjawab pertanyaan tapi jangan khawatir karena pertanyaan2 yang diajukan sangatlah sederhana dan menyenangkan.

Jawaban yang kita pilih itulah yang akan mengungkapkan sifat dan jati diri kita yang sebenarnya. Yang pasti kita harus jujur saat menjawab dan jangan mencoba untuk mengira-ngira biar keliatan pintar atau menebak makna di balik jawaban itu.

Namanya juga permainan pasti lebih asyik jika kita membacanya bersama keluarga, pacar atau teman2 kita. Dari situ kita bisa lebih mengenal dan memahami satu sama lain. Tapi kita harus siap2 mental jika sifat asli kita ketahuan, apalagi kalo yang ketahuan itu sifat jeleknya.

Aku sendiri sering terkejut saat mengetahui makna dari jawaban2 yang kupilih karena benar2 di luar dugaan. Setelah aku renungkan, kebanyakan emang cocok ama sifat2ku. Ada sih beberapa yang bikin aku bertanya: masa sih aku kayak gitu…?

Buat yang nggak hoby baca dan sekedar pengin tahu sifat aslinya mungkin akan terasa basi jika membaca untuk kedua kalinya karena sudah tahu makna dari jawaban2 itu. Tapi buat kutu buku mania pasti nggak akan bosen biarpun baca berulang kali karena biasanya mereka percaya bahwa semakin sering buku dibaca maka akan semakin banyak hikmah yang didapatkan.

aku tiba2 kepikiran untuk menulis dan membagikan beberapa pertanyaan umum dari buku kokology ke cacatan ini ....
kita main sama2
kita maen bareng2
kita lihat bagaimana kita melalui jawaban yang kita berikan

dan aturan mainnya sekarang adalah

aku bakal posting pertanyaannya
kalian bisa jawab lewat komen di bawah ato mention ke twitter ku @wildamalia
jawabannya akan segera aku kasih :D

aku ga pengen kalian ngintip jawaban ketika baca pertanyaan nya
hohohoho~
jawaban pertama itulah sebenarnya kalian


ARE YOU READY????

1 comments:

 

wildamalia bercerita Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea