21 April 2011

tamu tak diundang

Posted by wilda wildamalia at 4/21/2011 11:03:00 pm
kamis ini giliran rumah mbak nenna ketempatan buat tahlil warga ...
masih inget, stahun yang lalu ... si chacha dateng pas bubaran tahlil ...
jadi maem2 sambil ngobrol ...

berbeda dengan kamis ini
aku ngerasa spesial
mau tau knp?

pertama ...
dalam sekejab aku ngerasa keluarga utuh seperti 17th lalu ...
ha? maksudnya?
hohohohoho ... tanya sama aku secara pribadi saja itu lebih baik :)

menu malam ini adalah
lontong sayur ... hmm yeah semacam lontong capgomeh
ini ciamik soro ..
asli manteb (y)

sampe tamu pulang semua berjalan lancar ...
ibu pulang ...
bapak pulang
adek2 kecil pulang

tinggal aku, mbak nenna, mas antok, mbak ninis (yang hadir turut bantu2 juga ... skalian karna besok mau ada reuni)

lagi asik makan2 sebelum masukin kursi yang masih d teras
tiba2 ...

ada cowo, berkaos lusuh, pake sarung dan memakai kopyah
masuk ke dalam teras dan bilang
"mau minta uang buat makan"

inget ada makanan lebih d meja
aku bilang ke mbak ... "kasih lontong itu aja ya"

cowo itu masih d teras ...
pas udah siap ...
aku kasih ke cowo itu ...

dia menolak ...
"uang saja buat makan"
aku : ga ada uang ... ini aja makan
dia : ga mau ... uang aja
mas antok : iya nanti dikasih uang, skr ini dimakan ya
akhirnya dia mau ...
dia : "ini apa?"
kami g jawab ...
lalu dia makan ....


aku, mbak nenna, mbak ninis, mas antok nunggu di dalam ruang tamu

hmmm ...
agak lama dia kelar makan ...
sama mas antok di tanya "sudah habis makannya?"
trus dikasih uang ...
trus tiba2 dia berdiri dan bilang
"aku pingin masuk islam, karna orang tua berbeda, mama thionghoa, papa budha"
mas anto tanya : "lho kamu rumahnya dimana?"
dia : "di lamongan"

berkali2 dia bilang "aku pingin masuk islam, aku pingin belajar islam, dari hati *sambil memegang dadanya*, karna orangtua beda"
"aku ga mau sipit, aku mau belajar ngaji, karna kalo ngaji matanya bisa melotot besar"

*deg*
langsung inget #SangMantan
dia dulu berniat masuk islam, belajar islam tapi tidak direstui keluarganya

cowo ini ... di teras memperagakan sholat juga ...
dia bilang lagi "pingin cari pesantren biar bisa diislamkan, kan baca syahadat di depan orang banyak, belajar ngaji juga"

dia duduk lemes di pintu ...
memang tidak d persilahkan masuk ...
karna bagaimanapun dia orang asing

oh iya ... ada yg bikin iba ...
dari cara dia berbicara ... terlihat dia itu seperti anak autis/gangguan mental/ato apalah itu namanya ...

banyak spekulasi ...
mungkin dia lari dari rumahnya karna banyak tekanan dari keluarga

kasihan ...
tapi kami juga ga bisa kasih tumpangan gitu aja kan ...

mas antok bilang
"kamu ke masjid aja, dsana ada orang kok ..."
dia malah ngegeletak

mbak bilang
"udah kamu pulang yaaa... sudah malam ini"
dia bilang "badanku lemes"

sumpahh ...
klo jujur kasian ...
tapi ...

akhirnya dia pergi

oh iya, dia sempet ngitung duit hasil minta2 ...
"sudah 68rb, udah mau 70rb"
trus uangnya dicium2

aneh banget
udah gitu pas dilihat di piring makanan ... ternyata, tahu, telur, ayam nya g d makan
cuma lontongnya yang dimakan

mbak bilang ke aku
"dek jangan2 itu penampakan #SangMantan yang lari dari keluarganya ...
jadi kurus kering gitu"

NGAKAK ...

hhhh ...
kira2 cowo itu kmn ya ...
kasian sebenernya
klo memang niatnya tulus ...
jauh2 ngerantau ...
mau belajar islam

come on ...
para muslimin muslimat yg fanatik ...
tetaplah berkode etik ...
jgn melihat orang dari tampilan luar ...
mau jawa cina ambon jepang negro ...
mereka juga mahluk Allah yang diciptakan sederajat

miris sekali kalo urusan ras jadi masuk kedalam agama

*siapapun dia ... semoga dia menemukan tempat yang tepat sesuai dengan tujuannya*

"perlakukan orang itu baik, kalo ingin diperlakukan baik oleh orang lain"
ga peduli dia putih hitam abuabu sekalipun :)

0 comments:

 

wildamalia bercerita Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea