05 May 2009

Flu Babi ???

by wilda wildamalia et 5/05/2009 06:00:00 pm
Merebaknya flu babi kian meresahkan, terutama setelah WHO mengumumkan kemungkinan flu babi menjadi pandemi. Walaupun sampai saat ini belum ada indikasi kalau flu babi telah sampai ke Indonesia, tetap tidak ada salahnya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Berikut 10 cara mencegah penyebaran flu babi.

1."Tidak pernah ada kata cukup: cucilah tangan Anda, cucilah tangan Anda dan cucilah tangan Anda," ujar Dr. Clifford W. Bassett, seorang assistant clinical professor of medicine di the Long Island College Hospital, seperti yang dikutip situs foxnews. Menurut Bassett, cuci tangan dengan sabun dan air paling tidak selama 20 detik setelah menyentuh objek, permukaan atau tangan orang lain, secara fisik bisa membuang virus flu.

2. Kalau tidak ada air, Anda bisa sering-sering menggunakan sanitizer yang menggunakan bahan dasar alkohol, khususnya jika Anda berada dalam suatu kondisi yang tidak memungkinkan Anda mencuci tangan. Jika menggunakan
gel, gosoklah tangan Anda sampai gel-nya kering. Hal ini tidak memerlukan air, alkohol yang terkandung di dalamnya akan membunuh kuman-kuman di tangan. Tetapi, tidak semua lotion anti kuman bisa membunuh virus flu.

3. Jika Anda batuk atau bersin, tutuplah hidung dan mulut Anda. Selain itu, hindari menggosok atau menyentuh mata dan hidung."Jangan menyentuh muka Anda. Penyebaran flu seringkali terjadi melalui kontak tangan dengan tangan, jadi hindari menghadap langsung ke seseorang yang sedang batuk atau bersin," ujar Bassett. Jika Anda bersin ke tangan, pastikan Anda segera membersihkannya, dan bersihkan setiap kali Anda batuk atau bersin.

4. Batasi kontak dengan penderita, khususnya selama beberapa hari pertama mereka mengalami gejala-gejala flu.

5. Tinggallah di rumah jika Anda mengalami gejala-gejala flu. Lebih baik tidak usah berangkat kerja, gak perlu berangkat kuliah, shoping juga.



6. Bagi Anda yang mengalami stres berat, maka vitamin C bisa membantu Anda selama musim flu dan demam.

7. Konsumsilah diet yang seimbang dan jangan lupa istirahat yang cukup. Kedua hal ini merupakan langkah utama dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari stres berlebih. Jika cukup istirahat, tubuh Anda akan lebih siap melawan penyakit.

8. Jangan lupa mengingatkan anak Anda untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan sehat. Ingatkan mereka agar sering-sering cuci tangan, menutup mulut saat mereka batuk atau bersin serta menggunakan sanitizer saat tidak
ada air.

9. Jangan lupa membersihkan dan menggunakan desinfektan secara rutin pada permukaan-permukaan benda di rumah."Ingatlah, desinfektan tidak hanya membersihkan permukaan, tetapi juga menghancurkan kuman-kuman," terang
Bassett. Ikutilah cara pemakaian desinfektan. Kuman bisa bertahan hidup di atas permukaan selama beberapa jam bahkan beberapa hari.

10. Jika mengalami gejala-gejala flu, segera periksakan diri ke dokter.

SEMOGA BERMANFAAT


sumber: http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/?ar_id=MTEzMg==

0 comments:

 

wildamalia bercerita Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea